Smart SIM Akan Segera Berlaku di Indonesia (Opini)

Hello Bro n Sis, Smart SIM Akan Segera Berlaku di Indonesia - Sebagai negara berkembang dan semakin maju, tanah air kita ini tentu memiliki beberapa update di beberapa lini, Tak terkecuali di sisi Surat ijin mengemudi. www.3835group.com

Smart SIM Surat ijin mengemudi

Kedepan Kartu SIM bukan sekedar kartu yang di pakai pengendara untuk dapat menjalankan kendaraan di jalan umum melainkan juga berfungsi sebagai alat pembayaran, wihh keren banget ini inofasi dari kepolisian.

Pembayaran yang di maksud adalah pembayaran beragam sarana penunjang perjalanan semisal pembayaran tol, transportasi penumpang umum hingga e-tilang. Gokil ga tuh.

Kapan Smart SIM ini mulai berlaku? Secara bertahap SIM pintar ini akan secara resmi di Luncurkan pada 22 September 2019, apapula alasan mereka memilih tanggal tersebut?

Ternyata alasan pemilihan tanggal peluncuran ini merupakan momen perayaan Hari Lalu Lintas Bhayangkara. Kemudian secara bertahapsesuai dengan masa berlaku SIM kamu masing masing maka akan berganti pula jenis Surat Ijin mengemudi kamu ke model terbaru ini.

Smart SIM ini bisa melakukan pembayaran karena di dalamnya sudah di sematkan sebuah CHIP, dalam CHIP ini sudah terdapat data diri dari si pemilik, data diri tersebut sudah meliputi nama, alamat tanggal lahir hingga riwayat pelanggaran yang pernah di lakukan. Dalam hal ini adalah pelanggaran lalu lintas.

Lalu proses agar bisa di pakai melakukan pembayaran berkat adanya kerja sama dengan 3 BANK besar yang ada di Negeri +62. 3 Bank yang siap memasok dan mendukung Smart SIM ini adalah BNI, BRI dan Mandiri.

Mekanisme pembayaran Smart SIM ini dapat berfungsi setelah kamu melakukan deposit uang, adapun maksimal deposit uang ke SMart SIM sebesar IDR 2 jt. Sementara entah kemudian hari nominalnya bisa lebih besar.

Apa sih kelebihan Smart SIM? sesuai paparan di atas setidaknya ada 3 FUngsi Utama perubahan ke Smart SIM.

Kelebihan Smart SIM menurut opini aku
  1. Simple - Tak membutuhkan banyak kartu sehingga tidak memenuhi dompet
  2. SIM - tetap berlaku sebagai surat sermi kepolisian untuk dapat mengendarai kendaraan di jalur umum.
  3. Pembayaran - Dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Tak seru rasanya jika kita tak membicarakan kekurangan, meskipun belum seluruh masyarakat menggunakan berdasarkan pengalaman jika SAtu kartu memiliki Banyak fungsi maka akan ada masalah baru

Kekurangan Smart SIM menurut opini aku
  1. Cepat Rusak - Jangankan Kartu ATM yang lebih sering keluar masuk dompet, Kartu SIM yang jarang jarang kita lihat bisa rusak, apalagi jika kartu ini di pakai untuk bayar E-tilang, E Tol, dan Bayar MRT kemungkinan rusaknya lebih besar.
  2. Rawan Hilang - Kartu etol biasa saja bisa tercecer, kadang di bawah Jok atau terselit di jaket, lah bagaimana jika hal itu berupa SIM, akan membutuhkan waktu dalam mengurusnya. 

Inovasinya memang keren, jika memang di fokuskan ke jaman modern mengapa tak sekaligus digital SIM saja, macam mekanisme pembayaran digital lainnya, hanya menyebutkan nomer atau QR Code saja yang di simpan di HP.

Itu semua hanya opini, daripada berupa fisik yang notabene masyarakat kita selama ini memang lebih suka membedakan antara kartu penting dan kartu biasa, Kartu SIM dan STNK biasanya di gabung jadi satu, karena jika hilang membutuhkan waktu dan biaya khusus pula dalam mengurusnya.

Kartu untuk pembayaran dan lain lain juga biasanya warga +62 lebih suka membuat kartu khsus, jikapun hilang ya sudah buat yang baru, tak pusing lagi dalam mengurus.

Biaya membuat Smart SIM dan perpanjangan Smart SIM konon katanya tak ada perubahan sesuai aturan Biaya Membuat SIM yang berlaku sekarang, kita lihat saja tanggal mainnya.

Smart SIM Akan Segera Berlaku di Indonesia - Semua hanya opini pribadi, bukan bermaksud menentang kebijakan, semoga kualitas kartu lebih baik dan jika terjadi kehilangan proses buatnya kembali tak ribet.

0 Response to "Smart SIM Akan Segera Berlaku di Indonesia (Opini)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel