Startup adalah? Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia

Hello Bro n Sis, Startup adalah? Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia. Indonesia akhir akhir ini sudah mulai mengarah ke dunia digital. Mereka yang ingin berusaha ataupun membuka usaha kini tak harus banyak modal. www.3835group.com

Loh kenapa tidak membutuhkan banyak modal? Karena untuk membuka usaha kini hanya bisa di lakukan dengan membuat blog atau web site dan memajang barang dagangan atau jasa anda di sana kemudian promosi.

Startup

Modal yang di butuhkan hanya koneksi internat dan kekuatan produk atau barang dagangan kita, biaya yang di butuhkan memang ada namun tak sebanyak biaya membuka usaha manual dimana kamu harus menyewa atau membangun gedung dan memperkerjakan puluhan karyawan.

Para pengusaha di dunia digital ini lebih akrab di sebut dengan istilah Startup, Apa Itu Startup? jadi Startup adalah sebuah usaha yang belum lama dibuka atau di beroperasi di dukung operasionalnya oleh layanan digital. StartUp berasal dari bahasa Inggris Start-Up.

Di kutip dari Wikipedia StartUp adalah :
"Sesuatu yang merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Jadi kalau dirangkum secara singkat startup adalah perusahaan baru yang sedang dikembangkan atau belum lama beroperasi"

Sejarah Starup - Munculnya Startup ternyata di mulai sekitar tahun 1998-2000 dimana di tahun tahun tersebut banyak perusahaan meng-digitalkan usahanya dengan membuat web site, perkembangan internet saat itu juga sedang marak maraknya. Momen tersebut di kenal dengan istilah buble dot com.

Salah satu Contoh Startup yang berhasil melejit di Indonesia adalah Gojek, Bukalapak, dal lain lain, mereka berhasil berkembang dan menghasilkan produk konsumen berkat inovasi mereka transportasi dan cara seseorang dalam berbelanja berubah.

Layanan dari startup ini sangat diminati khususnya di kota kota besar karena konsumen pada sibuk dan tak memiliki banyak waktu untuk berkunjung sebab harus menyelesaikan tugas tugas.

Perkembangan Starup di Tanah air tak lepas dari maraknya jenis smartphone, plus kecepatan internet yang semakin baik, dengan dua sarana ini startup sangat cepat perkembangannya dalam menjangkau konsumen.

Perusahaan seperti apakah yang termasuk Startup khusus di Indonesia, berikut adalah ciri atau karakter usaha yang termasuk startup

Ciri atau Karakter Usaha Di Katakan atau Di Sebut Startup
1
Usaha didirikan usianya tak lebih lama dari 3 tahun
2
Tenaga kerja kurang dari 20 orang
3
Penghasilan Tak lebih dari 1 M per Tahun
4
Tahap Pengembangan Usaha
5
Operasionalnya Lebih Banyak di Dunia Digital
6
Hasil Produksi Berupa Digital ataupun Jasa

Apakah usaha kamu termasuk startup, jika memenuhi beberapa kreteria di atas, maka usaha kamu bisa di sebut sebagai stratup. Hingga tahun 2019 ini ribuan startup bermunculan di Indonesia, mereka bukan hanya menyasar mereka yang sibuk, namun kreatifitas mereka juga sangat bermanfaat dan mempermudah dalam keseharian.

Startup juga di bagi menjadi beberapa Golongan, type atau kategori. adapun Golongan dan kategori statup di Indonesia yang banyak di geluti dari beberapa bidang antara lain

Golongan Usaha SartUp
1
Permainan atau Game
2
Pendidikan atau Edukasi
3
Perdagangan atau Ecommerce
4
Informasi

4 bidang inilah yang sangat di gemari bagi startup indonesia, dunia seperti ini sangat di gemari, dan banyak juga peminatnya. so untuk kamu yang ingin membuka startup pilihlah 4 bidang tersebut.

Perkembangan Startup di beberapa wilayah Indonesia juga kini di dukung oleh pemerintah, pemerintah gencar mendidik dan memberikan pelatihan untuk mereka yang hendak membuat startup.

Salah satu contoh dukungan pemerintah Indonesia adalah dari beberapa kementrian yang menggandeng pihak swasta seperti Dilo (Digital Innovation Lounge) dan Gapura Digital.

Startup adalah? Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia.
Lewat lembaga lembaga inilah pemerintah melatih dan memberikan bimbingan kepada para startup sehingga mereka lebih oaham dan lebih melek teknologi dalam memasarkan produk yang di hasilkan.

Kesimpulan
Jangan bingun dengan apa itu Startup, Karena bisa jadi usaha yang kamu geluti sekarang merupakan startup jika bergerak di kategori dan karakter yang saya uraikan di atas, kamu juga tak harus pesimis, sebab di beberapa daerah pemerintah memberikan banyak pendidikan dan latihan kepada startup untuk mengemas hingga memasarkan produk agar tepat sasaran.

0 Response to "Startup adalah? Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel