Cara Ganti Ban Serep di Mobil, Wajib Di Rawat dan Rotasi

Hello Bro n Sis, Cara Ganti Ban Serep di Mobil, Wajib Di Rawat dan Rotasi. Ban salah satu komponen yang sangat penting di kendaraan, jika kondisinya tidak baik, seberapa baguspun mesin dan interior mobil maka tidak akan maksimal. www.3835group.com

Jika Posisi ban serep berada di kolong bagian belakang, hal ini tentu menjadikan kabin lebih luas, tetapi kamu juga harus sering sering mengecek ban serep karena posisinya di luar kabin. Sebaliknya jika ban berada di kabin maka ban akan lebih terlindungi, namun tetap harus rutin di cek.

Cara Ganti Ban Serep
pict Mitsubishi Indonesia
Kelebihan posisi ban serep di luar kabin adala, kabin menjadi lebih luas, kabin tidak mudah kotor ketika melakukan penggantian atau rotasi ban serep. namun kekurangan posisi ban serep di luar kabin adalah kamu harus rajin mengecek dan membersihkan agar ban selalu dalam kondisi baik.

Kamu sebagai pengguna kendaraan roda 4 mulailah smart, misalnya paham rotasi ban, agar ban tidak botak sebelah kamu harus mengatur jadwal rotasi, jangan hanya ingat mengisi banhan bakar saja. Yuk sama sama belajar waktu rotasi untuk tiap ban di kendaraan kamu.

Rotasi bisa kamu lakukan di bengkel, untuk jadwal sebaiknya di lakukan tiap 10.000 km, tujuan rotasi ini adalah untuk menyamakan tingkat kehauasan ban, baik itu kedua ban di depan dan kedua ban di belakang. Secara teori rotasi ini di lakukan secara menyilang baik itu ban depan dan ban belakang.

Cara rotasi Ban menyilang maksudnya adalah ban depan kiri di rotasi dengan ban belakang kanan begitu sebaliknya ban belakang kiri di rotasi dengan ban depan kanan. Hal berlaku lain jika ukuran velg dan ban berbeda, hanya bisa di lakukan rotasi antara ban depan saja atau ban belakang saja.

Ok kita lanjut ke Cara Ganti Ban Serep di Mobil dalam Keadaan Darurat

  1. Pahami Letak kunci kunci di mobil anda, yup ketika kita mengendarai mobil apapun luangkan sejenak beberapa menit untuk mengetahui posisi posisi penting di mobil. baik itu mpbil kantor atau mobil pinjaman teman.
  2. Pasang Segi Tiga Merah pengaman,  pingirkan kendaraan kamu danposisikan di tempat yang datar serta tidak mengganggu lalu lintas pengguna jalan lain, kemudian pasang segi tiga merah pengaman yang menandakan kamu sedang ada masalah di kendaraan, pemasangan segi tiga ini kurang lebih jaraknya 5 meter dari mobil kamu.
  3. Keluarkan ban serep,  jika posisi ban serep di luar maka kamu karus membuka kunci namun jika di dalam kabin maka kamu tinggal melipat kursi dan mengeluarkan ban resep. beberapa mobil ada juga yang meletakkan ban serep di bagasi.
  4. Kendurkan baut Roda, Untuk mengganti ban tentu kamu harus mengendurkan baut ban serep
  5. Pasang Dongkrak, Jika baut sudah kendur pasangkah dongkrak, pastikan titik tumpu dongkrak agar mobil seimbang.
  6. Lepaskan Mur dan Ban, setelah dongkrak berhasil mengangkat mobil maka kamu lepaskan baut dan ban serta ganti dengan ban serep. kencangkan sedikit dahulu baut pada ban serep yang sudah di pasang.
  7. Turunkan Dongkrak, Setelah itu turunkan dongkrak barulah kamu kencangkan dengan kuat baut ban serep yang kamu pasang.


Cara Ganti Ban Serep di Mobil, Wajib Di Rawat dan Rotasi. Memang jika kita mengalami ban kempes segala teori akan sangat susah di ingat, usahakan kamu tenang dahulu jangan panik. Semoga memberikan manfaat dan jangan lupa safety riding. Infor dan opini tambahan jangan lupa corat coret di kolom komentar.

0 Response to "Cara Ganti Ban Serep di Mobil, Wajib Di Rawat dan Rotasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel