Saat Mengemudi Terjadi Gempa, Apa Yang Harus Di Lakukan?

Hello Bro n Sis, Saat Mengemudi Terjadi Gempa, Apa Yang Harus Di Lakukan?. Bencana alam memang tidak ada yang mengharapkan, kedatangannya sangat tak terduga, bisa jadi ketika kita mengemudi kendaraan bermotor baik itu roda dua atau roda 4. www.3835group.com

Kali ini saya sedikit berbagi informasi mengenai ketika kita berkendara roda 4 atau mobil dan terjadi bencana gempa bumi, apa yang harus kita lakukan? Sedikit berbagi pengalaman ketika berkendara pastinya kita tak akan sadar ada gempa, karena kendaraan kita sedang melaju, kecuali skala gempanya besar.

Info lainnya Biaya Mengurus SIM C dan SIM A Sesuai Undang Undang 

Terjadi Gempa Saat Mengemudi, Apa Yang Di Lakukan

Apa yang harus kita lakukan jika saat berkendara ada gempa, apakah kita keluar mobil ataukita tetap berdiam diri dalam mobil? Sonu Susmana selaku Instruktor Senior Safety Defensive Consultant Indonesia kepada kompas mengatakan:
"Tidak panik adalah peraturan pertama saat terjadi bencana seperti gempa ketika mengemudi. Pengemudi wajib awas dengan kondisi sekeliling untuk kemudian memutuskan langkah tepat dan cepat mencari tempat aman,"

Saat mengendarai mobil pengemudi memiliki tanggung jawab besar terhadap penumpang, pengemudi tak boleh lengah karena hal hal sepele seperti bermain HP atau tidak fokus ketika terjadi bencana. 

Ketika terjadi bencana saat berkendara bagaimana dong? Jika kita melihat beberapa instruksi atau informasi saat terjadi bencana kita harus berlindung di bawah Meja atau berlari ke tempat terbuka. Ketika kita berada di dalam mobil saat terjadi gempa merupakan hal yang paling aman, karena mobil sudah di buat dengan kontruksi untuk melindungi, Pengemudi juga harus bisa melihat kondisi tetap fokus jangan panik. Lihat bencana gempa yang terjadi seperti apa.

Lakukan evaluasi menyeluruh di sekitar anda berhenti, jauhi gedung gedung atau pepohonan tinggi, hindari juga papan reklame tiang listrik yang berpotensi akan menimpa. Carilah tempat terbuka dan jika kondisi aman barulahkeluar dari mobil. Hal lain sebagai perhatian untuk pengemudi adalah jangan lupa mematikan mesin mobil, membua sabuk pengaman, selain itu tetap waspada d=akan terjadi gempa susulan.

Saat Mengemudi Terjadi Gempa, Apa Yang Harus Di Lakukan? Pengendara mobil tetap harus fokus dan tidak panik ketika terjadi gempa, cari lah tempat aman dan terbuka sambil tetap fokus mengemudi mobil. 

Sumber Kompas.com

1 Response to "Saat Mengemudi Terjadi Gempa, Apa Yang Harus Di Lakukan?"

  1. terimakasih tipsnya sangat membantu. saat saya melihat cuplikan video gempa di Palu yang berlokasi di jalan raya, saat gempa terjadi banyak mobil yang melakukan rem mendadak. tentu ini membahayan kendaraan dibelakangnya...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel