Perayaan HUT Ke 18 Ombudsman RI Di Bali, Sederhana Namun Penuh Makna

Hello Bro n Sis, Hut ke 18 Ombudsman RI yang di laksanakan regional Bali di laksanakan pada 12 maret 2018, Pertemuan diawali dengan pembukaan dari Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bali. Kepala Perwakilan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Prof Adrianus Meliala, tamu undangan, dan semeton Ombudsman RI Bali serta meminta maaf mengenai situasi kantor Ombudsman Bali yang terbatas.

Selain itu, Kepala Perwakilan menyampaikan urutan acara hari ini, dimulai dari pemaparan Ombudsman RI terkait hasil sidak pelayanan publik 24/7 yang telah dilakukan oleh Ombudsman RI pada hari sabtu tanggal 10 Maret 2018 lalu, dilanjutkan tambahan materi dari Pimpinan Ombudsman RI, Prof Adrianus Meliala, kemudian tanggapan dari instansi terkait dan yang terakhir adalah diskusi dengan awak media.

Ulang_Tahun_18_Ombudsman_RI_Bali

Acara diskusi ini diselenggarakan dalam rangka HUT Ombudsman RI ke18 yang jatuh pada hari sabtu lalu, tanggal 10 Maret 2018. Sehingga pada akhir acara akan dilaksanakan seremonial tiup lilin dan potong kue ulang tahun.

Sidak Pelayanan oleh Ombudsman RI Pwk Bali ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi dan tugas Ombudsman RI sebagai lembaga pengawas pelayanan publik. Dipilihnya Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit dimalam hari dan Pelayanan SIM dan BPKB di hari sabtu / bukan hari kerja tujuannya adalah untuk melihat kesigapan petugas penyelenggara pelayanan. Hasil dari sidak ini bukanlah untuk mencari kesalahan instansi, namun sebagai saran perbaikan dari Ombudsman RI.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil sidak di pelayanan kepolisian. Sidak ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 10 Maret 2018 pukul 09.00 WITA - selesai.

Instansi yang dituju adalah Polda Bali / Ditlantas Polda Bali, Polres Badung / Satlantas Polres Badung, dan Polresta Denpasar / Satlantas Polresta Denpasar. Ketiganya dilaksanakan dalam waktu yang sama dengan tim yang berbeda. Selain pemaparan hasil sidak juga ditampilkan video hasil sidak di ketiga instansi tersebut.

Selanjutnya dilakukan pemaparan hasil sidak di pelayanan rumah sakit. Sidak ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 10 Maret 2018 pukul 22.00 WITA - selesai.

Instansi yang dituju adalah IGD RSUP Sanglah, IGD RSUD Wangaya Denpasar, dan IGD RSUD Badung Mangusada. Ketiganya dilaksanakan dalam waktu yang sama dengan tim yang berbeda. Selain pemaparan hasil sidak juga ditampilkan video hasil sidak di ketiga instansi tersebut.

dr. I Nyoman Gunarta, MPH Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Badung Mangusada
"Berterimakasih atas undangan dan apapun hasil sidak pihaknya berharap ada perbaikan dari RSUD Badung Mangusada. Terkait tidak adanya maklumat pelayanan, sebenarnya pihak RSUD Badung Mangusada telah memasang maklumat di Poliklinik dan IGD, namun mungkin tidak terlihat sehingga akan diperbaiki ke depannya. Selain itu terkait call center, tahun lalu RSUD Badung sudah memiliki call center namun ada gangguan sistem yang mengakibatkan call center tidak bisa digunakan. Tahun ini RSUD Badung akan memprioritaskan pembangunan jaringan informasi dan teknologi"

dr. Setiawati Hartawan, M.Kes Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya 
"Berterimakasih atas undangan Ombudsman, dan hasil ini akan menjadi masukan untuk perbaikan pelayanan publik yang lebih baik. Pihaknya mengapresiasi petugas di RSUD Wangaya yang sigap dan responsif jika dilihat dari video hasil sidak. RSUD Wangaya saat ini sedang melakukan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana sehingga semoga masyarakat mau menunggu dan nantinya akan ada perbaikan pelayanan publik di RSUD Wangaya"

dr. I Wayan Sudana, M.KesDirektur Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Mengucapkan 
"Terima kasih kepada Ombudsman RI dan hasil tersebut akan dijadikan bahan untuk evaluasi kedepan untuk perbaikan pelayanan publik di RSUP Sanglah. Temuan sidak seperti di video memang kegiatan sehari-hari IGD RSUP Sanglah. Terkait kotak saran, sebenarnya RSUP Sanglah sudah memiliki dan memasang di IGD namun mungkin posisinya kurang strategis dan akan dibenahi untuk selanjutnya"

Pius Loda Bagian Regident Polda Bali Perwakilan dari Polda Bali Memberikan tanggapan sekaligus mewakili Polres Badung dan Polresta Denpasar. 
"Bahwa kegiatan pembenahan di kepolisian sudah dimulai sejak tahun 2016 dan kepolisian akan terus berbenah demi perbaikan pelayanan publik. Dan berterimakasih atas masukan dan saran dari Ombudsman RI"

0 Response to "Perayaan HUT Ke 18 Ombudsman RI Di Bali, Sederhana Namun Penuh Makna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel