4 Perbedaan Yamaha R15 India dengan Yamaha R15 Indonesia 2018

Hello Bro n Sis, Yamaha R15 India ternyata sesuai dengan penampakan beberapa bulan silam, dimana beberapa komponen di justru di kurangi atau bahasa jaman now di Downgrade. namun demikianlah kenyataan di India, demikian informasi yang saya peroleh dari rekan Vishnu Bishnoi. www.3835group.com

Indonesia sudah kebagian unit All New Yamaha R15 sejak tahun lalu. Meski demikian, motor ini ternyata baru saja meluncur di India. Bertepatan dengan Delhi Auto Expo, beberapa hari lalu 7/2/2018.

Yamaha_R15_India_2018

R15 negeri bollywood sepintas terlihat sama dengan yang ada di tanah air. Mesin, misalnya, berkapasitas 155 cc yang sudah dilengkapi variable valve actuation (VVA). Jantung mekanis satu silinder itu bisa memuntahkan torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm. Sistem transmisi 6-percepatan manual dengan assist dan slipper clutch.

Fitur juga serupa, panel instrumen full digital yang terinspirasi gaya R1. Berbagai informasi mampu ditampilkan, termasuk indikator VVA dan shift light agar pengendara tahu waktu yang tepat melakukan perpindahan gigi transmisi.

Meski banyak kesamaan, jika dilihat secara detail ternyata ada beda antara R15 India dengan yang dijual di tanah air. Apa saja perbedaannya? Simak bahasan berikut:

1. Pilihan Warna
Yamaha Motor India menyediakan R15 dalam dua pilihan warna : racing blue dan thunder grey. Kelir racing blue yang dimaksud juga beda dengan Indonesia. Warnanya justru lebih mirip R25 tanah air dengan kombinasi biru dan hitam. Cat hitam di fairing bawah, kover lampu depan, ekor, tengah tangki bensin, sisi bodi dan pelek. 

Sementara pilihan satu lagi, thunder grey tidak ditemukan di motor Yamaha yang ada di Indonesia. Abu-abu mendominasi di sisi bodi dan tangki. Sementara di kover lampu depan dan tengah tangki mendapat cat merah. Unsur hitam tampil di bodi belakang dan pelek.

2. Suspensi Belum Upside Down
R15 India tetap mempertahankan suspensi teleskopik sebagaimana generasi lama. "Salah satu perbedaan spesifikasi R15 spesifikasi India dengan Internasional adalah hilangnya suspensi upside down, hal ini dilakukan agar harga jual lebih murah. Tapi sejauh mana suspensi teleskopik berpengaruh pada handling motor ini? Hal ini baru bisa kita jelaskan saat sudah berkendara dengannya," 

Beruntung Indonesia sudah dibekali upside down. Selain tampilan lebih keren, suspensi ini diklaim menghasilkan rasa berkendara lebih stabil dan menyenangkan saat bermanuver. Tapi imbasnya, harga jual R15 di tanah air menjadi mahal. Banderolnya mencapai IDR 34,5 juta (OTR Jakarta). Sementara di India cuma Rs 1,25 Lakh atau setara IDR 26 jutaan.

3. Kunci Tanpa Pelindung
Terlihat sepele tapi penting. Yamaha sudah menyematkan kunci dengan pelindung magnet untuk Yamaha R15 di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar kunci lebih sulit dibobol maling. Sementara di India, kunci R15 justru dibuat tanpa pelindung. Entah apa alasan Yamaha Motor India tidak membekalinya.

4. Pijakan Kaki Boncenger
Untuk hal satu ini memang simple namun jika di simak dengan seksama tentu mengurangi kegantengan sedikit.

Namun ya begitulah yang terjadi di India terhadap yamaha R15, entah kehebohan apa yang terjadi jika di Indonesia juga menerapkan yamaha r15 seperti ini? tapi bersyukurlah Indonesia karena mendapatkan unit terbaik untuk R15. Ada lagikah perbedaan yang bro n sis temukan? 

Penulis : Vishnu Bishnoi

0 Response to "4 Perbedaan Yamaha R15 India dengan Yamaha R15 Indonesia 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel