Punya Keluhan Tentang Pelayanan Publik Lapor Ombudsman Republik Indonesia

Hello Bro n Sis, Punya keluhan tentang pelayanan publik lapor Ombudsman Republik Indonesia lewat Telp 137, demikian beberapa poin yang di sampaikan Ombudsman Bali kepada rekan rekan media dan Blogger saat acara temu Wirasa yang berlokasi di Inna Bali Herritage Jl Veteran no 3 Banjar Lelangon Kota Denpasar.

Ombusman perwakilan Bali mengadakan acara temu wirasa pada tanggal 12 oktober 2017, dengan mengundang beberapa organisasi LSM dan komunitas yang ada di Denpasar.  Adapun tujuan dari acara ini adalah ombusman perwakilan Bali ingin mengimpun lembaga lembaga yang ada di Bali pada umunya dan di Denpasar pada khususnya untuk menjadi sahabat ombusman yang disebut dengan " semeton ombusman Bali "

Ombudsman_Bali_temu_wirasa_2017

Ok Kita mulai dari apa itu " ombudsman "
Ombudsma merupakan lembaga negara yang tugasnya mengawasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah, BUMN, BUMD, dan swasta atau perseorangn yang dibiayai oleh negara. 

Sebelum lebih jauh ngebahas ombudsman ada baiknya kita bahas sedikit tentang apa sih pelayanan publik itu agar nyambung nanti pengertianya.

Pelayan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. pada dasarnya setiap masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam meperoleh pelayanan publik yang telah diatur dalan undang-undang.

Nah dalam faktanya saat pelaksaan pelayanan publik sering terjadi " maladministrasi ", waduh ketemu kata-kata baru lagi nih, hmhmmh

Maladministrasi adalah berdasarkan undang-undang maladministrasi itu adalah perilaku perbuatan melawan hukum, melampaui wewenang, menggunakan wewenang untuk tujuan lain dari yang menjadi tujuan wewenang tersebut, termasuk kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara negara dan pemerintah yang menimbulkan kerugian materiil dan/atau immaterial bagi masyarakat dan orang perseorangan. 

Bagaimana Bro n Sis ngerti gak? masih belum atau kurang paham? kita coba ke contoh aja ya.

Misalnya ketika pembuatan e-ktp yang harsnya bisa selesai dalam 1 hari, tapi dalam pelaksakan sampai mebutuhkan waktu berhari-hari yang menimbulkan kerugian material ataupun inmaterial kepada kita, kan jadi kesel tuh, dan masih banyak lagi sih contoh maladministrasi yang itinya itu dapat menimbukan kerugian materil maupun inmaterial bagi masyarakat.

Disinilah muncul ombudsman yang bertugas mengawasi pelaksanan pelayanan publik yang sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Ok begitulah penjelasan dan contoh yang di jabarkan saat acara. Pada acara tersebut ombudsman perwakilan Bali mengajak semua LSM dan komunitas yang hadir ikut serta aktif dalam pengawasan pelayanan publik dan mensosialisasikanya kejejaringnya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Jadi apabilah kita sebagai masyarakat mengalamin kesulitan dalam memperoleh pelayanan publik yang mengakibatkan kerugian baik material ataupun inmaterial sebaiknya langsuung laporkan kelayana call centernya ombudsman di 137 atau bisa di sms, wa, telegram, line di 082137373737 atau di email [email protected] 

Pada intinya Ombudman mengajak masyakarat ikut mengawasi sesuai dengan Moto Ombudsman yakni Awasi, Tegur dan Laporkan, Kemana kita melapor dan bagaimana prosesnya, bro n sis bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang Ombudsman boleh hubungi langsung ombudsman ke nomer yang sudah saya tulis di atas atau bisa juga mampir di facebook Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Bali atau kunjungin channel youtubenya  youtube.com/ombudsman.

Blogger Kontribusi : Adi Sastrawan

0 Response to "Punya Keluhan Tentang Pelayanan Publik Lapor Ombudsman Republik Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel