6 SMK Di Sumatra Utara Mendapatkan 12 Sepeda Motor Dari Yamaha Indonesia Untuk Mendukung Program Vokasi

Hello Bro n Sis 6 SMK di wilayah Sumatra Utara mendapatkan 12 unit sepeda motor yamaha sebagai upaya dalam kontribusi dan kosistensi mendukung aktivitas Vokasi terhadap Ssekolah menengan kejuruan di Indinesia, demikian informasi yang saya peroleh dari Yamaha Indonesia

PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) terus berkontribusi aktif dan konsisten mendukung aktivitas Vokasi SMK yang dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bertepatan dengan peluncuran vokasi di Kawasan Industri Medan (KIM) Tahap II, Yamaha memberikan donasi untuk beberapa SMK di Sumatera Utara.

Yamaha_Dukung_Program_Vokasi_Di_Sumatra_Utara_2017

Acara peluncuran ini dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi serta Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Menko Perekonomian menyatakan bahwa
“Ada 2 hal kebijakan besar ekonomi, infrastruktur dan SDM. Pada infrastruktur berkaitan dengan konektifitas. Mengenai SDM untuk saat ini kita perlu mengejar ketertinggalan dari negara lain. Pendidikan vokasi harus dibarengi dengan ketersediaan pendidik yang berkualitas, peralatan praktik yang memadai, dan juga pentingnya praktik kerja magang. Tentu hal tersebut harus didukung penuh oleh pihak industri.”

Sebagai bentuk link and match antara SMK dengan industri otomotif dalam membangun kerja sama yang komperhensif, Yamaha memberikan 12 unit motor untuk 6 SMK di wilayah Sumatera Utara yang diserahkan oleh Hendri Harta Prawira selaku Direktur PT Alfa Scorpii Medan. Daftar keenam SMK tersebut adalah :

SMK N 1 Percut Medan
SMK HKBP Medan
SMK Kansai Pekanbaru
SMK Kosgoro 1 Padang
SMK N 2 Banda Aceh
SMK N 1 Karimun

Apa itu program vokasi? berdasarkan Simak Universitas Indonesia adalah sebagai berikut
Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Secara umum, pendidikan vokasi (program diploma) bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Secara khusus, program diploma III diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri/swasta, lembaga pemerintah atau berwiraswasta secara mandiri, hal ini karena beban pengajaran pada program pendidikan vokasi telah disusun lebih mengutamakan beban mata kuliah ketrampilan dibandingkan dengan beban mata kuliah teori.

0 Response to "6 SMK Di Sumatra Utara Mendapatkan 12 Sepeda Motor Dari Yamaha Indonesia Untuk Mendukung Program Vokasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel