5 Poin Penting Menekan Kabar Negatif dari Bali Tourism Hospitality Tentang Awas Gunung Agung 2017

Hello Bro n Sis. Bertempat di gedung Bali Tourism Board Jalan Raya Puputan Renon no 41 Denpasar, Selasa 10 Oktober 2017, Bali Tourism Hospitality (BTH) sebagai media centre (Talk Force) yang di bentuk oleh kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Bali memberikan informasi mengenai peristiwa penting (Crisis) dan menekan berita atau kabar negatif khususnya tentang Gunung Agung.

Kabar atau berita tidak benar atau kabar negatif ini terkait dengan Awas Gunung Agung, yang membuat kunjungan wisatawan asing dan lokal menurun. penurunan sesuai dengan analisa badan terkait hingga 7 oktober tahun 2017 adalah 15% sampai dengan 20%. Dalam kesempatan baik ini BTH mengajak rekan rekan media dan blogger ikut menekan dan mengcounter berita tidak benar yang sudah beredar tersebut.

Diskusi_menekan_kabar_negatif_Tentang_Awas_Gunung_agung_2017

Berdasarkan hasil diskusi maka ada 5 poin penting untuk menekan berita tidak benar khususnya tentang Gunung Agung Bali 2017. 5 poin penting itu adalah:
  1. Membuat hashtag #balistillsafe #visitbali dan #baliaman agar menjadi viral. Dimulai dari level kementerian, dinas terkait, kemudian terus level ke bawah.
  2. Membuat 1 portal media informasi yang valid dan kredibilitas nya dapat dipertanggungjawabkan. Jadi semua informasi akan dapat diakses di sana. Menghindari simpang siur berita.
  3. Membuat Live streaming dan live report 24 situasi terkini gunung agung melalui CCtv atau drone. Jadi wisatawan dapat melihat langsung bagaimana kondisi Gunung Agung terkini tidak termakan hoax.
  4. Memanfaatkan Peran travel agent lokal/asing sebagai pihak terdepan yang memberika info tentang Gunung Agung ke wisatawan. Karena wisatawan berkomunikasi awal melalui media tersebut.
  5. Bekerjasama dengan media dan wartawan asing agar mereka mendapat sumber berita yang pasti dan valid.

Fase komunikasi bencana Gunung Agung 2017
  1. Fase A: siaga erupsi (skrg di fase ini)
  2. Fase B: tanggap darurat pasca erupsi +3 bulan
  3. Fase C: recovery pasca erupsi

Demikian beberapa poin penting dalam pengendalian isu negatif dengan adanya kondisi status Awas Gunung Agung dimana sebagai Pembicara: Dewa Gede Ngurah Byomantara M.Ed Serta Ibu Hilda. (Penulis dan Reporter : Dewa Wahyu)

0 Response to "5 Poin Penting Menekan Kabar Negatif dari Bali Tourism Hospitality Tentang Awas Gunung Agung 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel