9 Cara Menyalip atau Mendahului Kendaraan Besar Di Jalan Raya

Hello Bro n Sis
www.3835group.com - Kali ini saya ingin bagi-bagi tips buat anda yang hendak menyalip kendaraan besar di jalan raya. Jalan raya merupakan jalan umum yang bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda motor sampai dengan kendaraan seperti Bus, Truk,mobil dan kendaraan besar lainnya. Kendaraan besar memang lajunya tidak seperti sepeda motor yang sangat mudah untuk dikendarai. 

Cara_Menyalip_Kendaraan_Besar_Di_Jalan

Di satu sisi karena sepedamotor sangat mudah untuk di kendarai maka terkadang bisa juga membawa maut bagi pengendaranya karena kurang kehati-hatian dalam berkendara atau karena penyebab yang lainnya. Guna keselamatan masing-masing pengendara tidak ada salahnya mengikuti etika berkendara untuk  menghindari kecelakaan ketika berkendara. Adapun 9 cara menyalip kendaraan besar yang bisa anda ikuti seperti dibawah ini : 

  1. Ketika Bro n Sis ingin menyalip kendaraan besar, tidak ada salahnya kita memperhatikan laju kendaraan kita apalagi jalan dalam keadaan sepi, itu yang perlu diwaspadai karena seketika bisa saja ada kendaraan yang mempercepat lajunya dan kita tidak mengetahuinya. Selain itu juga apabila memasuki jalan besar kita harus memperhatikan apakah dalam keadaan ramai,lenggang,sepi atau macet. Dan satu lagi apabila hujan seringkali kita tidak melihat banyaknya jalan yang berlubang sehingga menyebabkan si pengendara terjatuh serta tidak diperkenankan menyalip atau mendahului pada jalan tikungan ataupun tanjakan jalan cembung. Dan jangan sekali-sekali menyalip atau mendahului pada tikungan yang terlihat dengan menggunakan feeling kita bahwa dirasa sudah aman.
  2. Sebelum menyalip atau mendahului anda wajib menyalakan lampu sein minimal 3 detik 30 meter sebelum menyalip atau mendahului, Tujuannya adalah memberikan kode atau tanda untuk kendaraan besar yang ada di depan kita ataupun kendaraan yang datang dari arah berlawanan serta kendaraan yang ada di belakang kita.
  3. Apabila kita ingin menyalip atau mendahului etikanya kita harus menyalip dari sisi sebelah kanan, Usakan anda tidak menyalip ke sebelah kiri karena kita juga tidak tahu apakah ada pejalan kaki, pengendara sepeda, atau kendaraan yang parkir. Itu juga bisa menjadi penyebab kecelakaan karena kurang kehati-hatian kita.
  4. Alangkah baiknya sebelum menyalip atau mendahului kita menyalakan lampu dimmer atau membunyikan klakson dengan tujuan supaya kendaraan yang ada di depan atau di belakang kita mengetahui bahwa kita akan mendahuluinya.
  5. Selain itu apabila ingin mendahului atau menyalip kendaraan besar yang ada di depan kita, kita juga wajib hukumnya melihat kendaraan dari kaca spion apakah kendaraan yang dibelakang kita juga ingin mendahului atau mempercepat lajunya. Tujuannya supaya kita bisa lebih waspada dan berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan beruntun.
  6. Turunkan gigi 1 level lebih rendah dari sebelumnya tujuannya adalah supaya kendaraan lebih terasa cepat saat menyalip.
  7. Waspadalah terhadap objek-objek lain seperti pejalan kaki, sepeda ontel, becak, dokar, odong-odong, sepeda motor dan lain-lain terutama sepeda motor muncul tiba-tiba tanpa kita sadari.
  8. Jangan terlalu dekat dengan mobil yang disalip, karena pengemudi mobil bisa saja kaget dan kehilangan konsentrasi sehingga sangat berisiko menimbulkan kecelakaan maka jarak yang cukup dan kembali ke jalur secara halus, bukan secara tiba – tiba.
  9. Toleransi di jalan raya atau jangan semena-mena pada sesama pengendara dan berikanlah toleransi atau kesempatan menyalip.Jika mereka minta kesempatan untuk menyalip, berikanlah ruang yang cukup agar mereka bisa mendahului dengan aman. Berikan juga kesempatan mendahului buat kendaraan darurat seperti pemadam kebakaran yang sedang menjalankan tugas, ambulans, iring-iringan jenazah, kendaraan pertolongan seperti tim SAR, rombongan tamu negara dan pemimpin negara.


Menyaliplah karena menyalip bukan sesuatu yang dilarang. Yang penting jaga etika dan utamakan keselamatan baik diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain. Perhatikan selalu tips aman menyalip mobil di atas. 

Ok sekian Bro n Sis tips-tips etika menyalip atau mendahului kendaraan besar di jalan raya. Apabila Bro n Sis punya tambahan tips lainnya bisa menambahkan di kolom komen di bawah ini. Salam Keselamatan Berkendara !!!

0 Response to "9 Cara Menyalip atau Mendahului Kendaraan Besar Di Jalan Raya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel