Apa Itu TripAdvisor Travellers Choice Award? Bagaimana Proses Penentuan Yang Terbaik? Yuk Kita Telisik Lebih Dekat

Hello Bro n Sis
TripAdvisor Travellers’ Choice Award 2017 merupakan bentuk apresiasi yang digagas oleh situs wisata terbesar di dunia, TripAdvisor kepada para pelaku, penggiat dan stakeholder pariwisata di berbagai belahan dunia atas upaya mereka mengembangkan sektor tersebut.

Pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers' Choice dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat oleh wisatawan diseluruh dunia dalam kurun 12 bulan. Pemilihan penghargaan ini menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian yang objektif pada setiap kategori penghargaan.
“Bali merupakan tujuan wisata dengan pengalaman terbaik bagi berbagai jenis wisatawan, baik wisata alam, budaya, maupun gastronomi sehingga tak aneh jika mereka ingin berbagi pengalaman ini kepada dunia,” kata Sarah Mathews, Head of Destination Marketing for TripAdvisor, Asia Pacific yang menjadi juru bicara TripAdvisor pada acara ini.

Dalam kesempatan yang sama, Sarah juga mengungkapkan bahwa konten yang dibuat oleh wisatawan yang merupakan pengguna TripAdvisor memiliki peranan penting dalam pencarian yang dilakukan oleh calon wisatawan lainnya. TripAdvisor tentunya mendorong lebih banyak lagi wisatawan untuk berbagi pengalaman terbaik berlibur ke Bali kepada wisatawan lain dari seluruh dunia melalui TripAdvisor.

Trip-Advisor-is

Secara global, ulasan dan opini yang objektif yang ada di TripAdvisor telah melampaui 500 juta, dengan 290 konten per menit setiap harinya yang juga melibatkan perencanaan perjalanan dan situs pemesanan serta aplikasi selular. Dari sisi ulasan terkait Bali di TripAdvisor juga terjadi pertumbuhan (2015 vs 2016) di 3 kategori utama yaitu akomodasi (25%), daya tarik (38%) dan restoran (38%). Data-data menunjukkan adanya ketertarikan yang berkelanjutan dari masyarakat global terkait pariwisata Bali secara keseluruhan.

Menurut data yang bersumber dari TripAdvisor, negara terbanyak yang mencari informasi mengenai Bali di TripAdvisor adalah China dengan pertumbuhan 73% (perbandingan 2015 dengan 2016) diikuti oleh Belanda 57% dan India 37%. Dampak TripAdvisor Pada Ekonomi Pariwisata di Indonesia Pada kesempatan yang sama dipaparkan juga mengenai Oxford Economics Study. yang menunjukan bahwa luasnya jangkauan konten yang ada di TripAdvisor, ulasan yang dipercaya oleh konsumen, dan adanya fasilitas pemesanan tidak hanya dipengaruhi keputusan perjalanan calon wisatawan tetapi juga menghasilkan sumbangan perjalanan ke Indonesia. Pada 2015, TripAdvisor menghasilkan 569.000 perjalanan wisata ke Indonesia dan 2,5 juta tourism night yang setara dengan perputaran ekonomi sebesar US $ 853.000.000.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa konten yang ada pada TripAdvisor ikut memberikan kepercayaan diri wisatawan untuk memilih properti berdasarkan ulasan, peringkat, dan foto dari wisatawan lain, bukan berdasar faktor pengambilan keputusan yang lebih tradisional seperti pengenalan merek maupun pengalaman sebelumnya. Tren ini memberikan manfaat terutama bagi bisnis yang belum memiliki nama besar dan memungkinkan usaha kecil dan independen untuk bersaing dengan brand yang lebih dikenal bahkan secara internasional.
“Sebagai operator tur kecil dengan anggaran pemasaran yang sedikit, promosi dari mulut ke mulut merupakan cara akhirnya orang-orang bisa mengetahui bisnis kami untuk itu jangkauan dan pengaruh TripAdvisor benar-benar penting untuk keberhasilan bisnis kami. Dengan mendaftar secara cuma-cuma TripAdvisor membuka peluang kami untuk menampilkan bike tours yang kami kelola pada wisatawan lokal dan internasional,” ungkap I Made Widnyana, pemilik Celebrity Bike Tour di Bali.

Note :
*Metodologi : Studi yang dilakukan oleh Oxford Economics yang didelegasikan oleh TripAdvisor untuk menghitung dampak ekonomi dari TripAdvisor pada pasar wisata di Indonesia. Pengujian secara ekonometrik menunjukan bahwa konten di TripAdvisor menjadi faktor kausal pada kegiatan perjalanan yang menunjukan adanya korelasi positif.

0 Response to "Apa Itu TripAdvisor Travellers Choice Award? Bagaimana Proses Penentuan Yang Terbaik? Yuk Kita Telisik Lebih Dekat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel