Honda dan Yamaha Indonesia Terbukti Melakukan Persekongkolan, Sangsi Administratif Rp 22.5 M - Rp 25 M

Hello Bro n Sis
PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya terbukti melakukan persekongkolan untuk menentukan harga jual motor scuter matic di Indonesia. Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU-RI) menemukan bukti - bukti dan mengungkap dalam persidangan sehingga memutuskan jika kedua perusahaan roda dua terbesar di Indonesia ini bersalah.

Pihak Yamaha dan Honda terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan pelanggaran pasal 5 ayat 1 undang-undang Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

KPPU-Logo
Pict : Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Republik Indonesia

Akibat di jatuhkannya sanksi terhadap Yamaha dan Honda di Indonesia ini maka PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan PT Astra Honda Motor di kenakan sanksi administratif. YIMM sebagai terlapor 1 di kenakan denda sebesar Rp 25 Milyar dan AHM di kenakan denda sebesar Rp 22.5 Milyar.

Bapak Syarkawi dai Komisi Pengawasan Persaingan Usaha yang saya kutip dari CNN Indonesia mengatakan:
"Kami di KPPU itu, putusan yang dijatuhkan berupa denda dan sanksi administratf. Untuk denda, bagi pihak terhukum harus membayar dendanya itu dan disetorkan langsung ke kas negara sesuai dengan jumlah yang diputuskan majelis."

Kasus dugaan persekongkolan Yamaha dan Honda di Indonesia dalam penetapan harga scuter matik ini sudah di cium KPPU sejak tahun 2014-an dimana kedua perusahaan ini menjual sepeda motor matic di kisaran harga Rp 14 jt hingga Rp 18 jt.

Bapak Saidah Sakwan anggota KPPU yang saya kutip dari CNN Indonesia menjelaskan:
"Sepeda motor scuter matic seharusnya dijual dengan harga Rp8,7 juta di pasaran Indonesia. Namun kedua terlapor menjualnya dengan harga Rp14-18 juta".

Wow selisih harga mencapai Rp 9 jt - Rp 10 jt an yah, Berarti konsumen di rugikan dong? lalu apakah dengan keputusan ini harga sepeda motor matic akan turun? lantas jika masyarakat mau motor lebih terjangkau apakah harus buat motor sendiri? bagaimana menurut bro n sis, silakan corat coret di kolom diskusi di bawah.

0 Response to "Honda dan Yamaha Indonesia Terbukti Melakukan Persekongkolan, Sangsi Administratif Rp 22.5 M - Rp 25 M"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel