RIP, I Wayan Tarma "Komedian Dolar"

Hello Bro N Sis
Bertepatan dengan Hari Raya Tumpek Landep 9-Juli-2016 salah seorang komidian Bali yang sangat berbakat terlah meninggalkan kita semua. adalah Bapak I Wayan Tarma yang memiliki nama yang lebih di kenal dengan "Dolar", telah meninggal dunia pada pukul 04.30 Wita di Rumah Sakit Umum Daerah Bangli.

Pelawak Bali yang berasal dari Banjar Siladan Desa Taman Bali Bangli ini mulai di kenal di sekitar tahun 1990 hingga tahun 2000 an, Dolar di kenal akan tingkah polahnya yang membuat para penonton terutama masyarakat bali di tengah gempuran budaya asing yang masuk ke Bali, Dolar berhasil memikat penonton dengan lawakan khas nya bersama rekan satu teamnya yang bernama Petruk atau nama aslinya Nyoman Brata, Duet pelawak ini sangat di tunggu oleh masyarakat apalagi dalam Pesta Kesenian Bali, tiap pementasan Drama Gong yang tergabung dalam Sekaa (Perkumpulan / Kelompok) Drama Gong Tri Mandala Duta atau Sekaa Drama Gong Sancaya Dwipa selalu di padati penonton, termasuk saya sendiri kala itu masih SMP dan hingga SMA sangat menantikan pertunjukan Drama Gong yang di motori oleh pelawak Dolar Dan Petruk ini. 

Dolar_Meninggal16

Bersama Sekaa Drama Gong Sancaya dan Tri Mandala Duta inilah Dolar dan Petruk berada di masa puncak keberhasilan, berbagai daerah juga sempat di kunjungi untuk melakukan pementasan, sekedar kenangan saya sama teman teman kala itu sampai memanjat tembok gedung Ardha Candra Art Centre, agar bisa masuk untuk menyaksikan pertunjukan Dolar dan Petruk ini. jika mengingat ingat masa itu sungguh terlalu juga ya.

Dolar atau I Wayan Tarma meninggal dunia akibat sakit yang di deritanya, sakit komedian dolar ini di awali dengan kencing manis, kondisinya semakin lama semakin menurun lalu sakitnya semakin parah dan komplikasi dengan stroke, jantung. Tubuhnya yang bongsor dan besar tersebut sudah  semakin kurus akibat sakit komplikasi yang di deritanya sejak tahun 2012 silam. Berbagai pihak atau simpatisan rekan kerja dan rekan rekan dalam Sekaa Drama gong senantiasa memberikan semangat kepada Dolar, hingga pada akhirnya Dolar meninggalkan kita semua.

Selamat jalan Dolar ( I Wayan Tarma ), Bali kehilangan seniman handal, canda tawa dan berbagai lawakanmu selalu di kenang masyarakat Bali, Semoga Dolar di terima di sisi Nya sesuai amal dan ibadahnya, serta keluarga yang di tinggalkan di berikan ketabahan. Amor Ring Acintya "Dolar" diharapkan generasi selanjutnya selalu mengobarkan semangat meng Ajegkan Budaya Bali baik itu berupa lawakan ataupun kesenian Bali lainnya.

0 Response to "RIP, I Wayan Tarma "Komedian Dolar" "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel