Safety Riding, Gambaran Umum apa dan bagaimana Berkendara Secara Aman dan Benar

Hello Bro N Sis
Bagi anda sekalian mungkin kata kata safety riding sudah sering anda dengar, atau mungkin jika anda adalah seorang yang setiap harinya lebih sering mengendarai sepeda motor dalam beraktifitas, atau bahkan anda adalah seorang instruktur safety riding. sebetulnya seperti apa sih safety ridng dan tujuan safety riding tersebut? berikut beberapa hal yang berkaitan dengan safety riding yang di jelaskan oleh Team Safety Riding Astra Motor Bali bapak I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi.

Safety Riding pada intinya adalah bagaimana berkendara secara Aman Dan Benar yang bertujuan menyadarkan masing masing pengendara dalam mengemudikan kendaraan tidak membahayakan orang lain dan dirinya sendiri. serta memberikan pemahaman lebih detail tentang kendaraan yang di kemudikan serta penggunaan sarana mengemudi yang benar untuk melindungi pengemudi dalam berkendara.

Safety_Riding16

Berikut beberapa hal yang harus di siapkan dalam teori safety riding, hal ini bukan hanya teori semata namun perlu bro n sis terapkan setiap saat agar aman dan benar dalam setiap berkendara. apalagi bro n sis yang gemar melakukan perjalanan jauh, hal ini harus di terapkan agar keselamatan diri sendiri dan pengendara lain terjaga.

Persiapan Diri, merupakan hal yang paling penting sebab dalam berkendara memerlukan konsentrasi yang baik. maka dari itu kondisi tubuh yang prima dan bugar sangatlah penting, sebelum berkendaran minimal bro n sis cukup istirahat, cukup mengkonsumsi makanan dan minuman. selanjutnya adalah kelengkapan surat surat kendaraan yang anda kemudikan seperti Surat Ijin mengemudi, STNK dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan tidak lupa bawalah Uang secukupnya dan usahakan dalam pecahan yang lengkap misalnya 5rb 10 rb 20rb dan 50 rb, agar saat anda berbelanja si penjual tidak repot mencari kembalian apalagi anda yang gemar touring.

Riding Gear, dalam kelengkapan ini meliputi Helm sebagai pelindung kepala pengemudi, sarung tangan, Jaket usahakan yang berwarna cerah, sepatu dan celana panjang. semua perlengkapan ini selain bertujuan untuk melindungi diri pengendara jika mengalami kecelakaan juga bertujuan melindungi tubuh dari terpaan angin atau hujan saat berkendara. dan jangan lupa berdoa sesuai kepercayaan bro n sis masing masing.

Pengecekan Kendaraan, untuk pengecekan kendaraan ini team safety ridng astra motor Bali memiliki istilah untuk mempermudah pemahaman seperti:
BENOL (pengecekan Bensin dan Oli)
RABA (pengecekan Rantai dan Ban)
KOREM (pengecekan Kopling dan Rem)
LABABA ( pengecekan lampu dan Baut-baut)

Itu adalah hal hal yang harus bro n sis lakukan dalam mengecek kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

Setelah semua lengkap ada hal hal lain yang juga bro n sis perlu pahami dalam melakukan pengendaraan seperti teori melakukan pengereman yang benar, yang mana di maksud dalam melakukan teori pengereman yang benar adalah 60:40 yang berarti memakai rem depan 60% dan rem belakang 40% dan di lakukan secara bersamaan. tidak lupa juga teori dalam melakukan pengereman dalam memasuki tikungan adalah melakukan pengereman saat sebelum memasuki tikungan, diusahakan putaran gas stabil dan kepala tegak lurus dengan aspal atau pandangan tertuju di ujung tikungan dengan demikian pandangan akan lebih luas.

Hal lain yang harus bro n sis kontrol saat berkendaraan adalah Emosi, sebab jika kita berkendara apalagi di perkotaan dan di suasana macet. tetaplah fokus tenang dan penuh konsentrasi. tetap jaga jarak aman berkendara serta selalu siaga terhadap semua kemungkinan yang akan terjadi seperti jalan berlubang, pengendara lain yang ugal ugalan, kondisi jalan yang licin, ranting pohon yang patah dll.

Demikian sedikit gambaran tentang Safety Riding, terima kasih kepada Bapak Gede Sustrawan dan seluruh Team Safety Riding Honda Bali. Mulailah menerapkan pada diri bro n sis sekalian, jadilah pengendara yang cerdas, siap mengantisipasi semua kemungkinan yang akan kita hadapi dalam perjalanan. dan jika anda melakukan perjalanan jauh, jangan lupa istirahat yang cukup. Salam Safety Riding.

Sumber : Safety Riding Honda Bali

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel