Denda Maksimal Rp 50 Jt, Awasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Anda

Hello Bro n Sis
Per tanggal 1 Juli 2016 nanti pengelolaan sampah khususnya untuk warga Denpasar Bali sudah di atur dalam peraturan yang baru, Pemerintah Kota Denpasar dalam hal ini dinas kebersihan dan pertamanan Denpasar Kota telah merumuskan Perwali mengenai pengelolaan sampah.  Dalam Perwali dengan nomer 11 tahun 2016 tersebut mempertegas tugas pokok dan fungsi Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Lurah, Kepala Desa, Kepala Dusun hingga kepala Lingkungan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah.

Isi Secara Umum Perwali yang nomer 11 tahun 2016 yang akan mulai berlaku tanggal 1 Juli 2016 tersebut adalah Bagi Bro N Sis di larang menaruh sampah di depan rumah, telajakan, pinggir jalan dan di atas trotoar. Bro n Sis diwajibkan secara mandiri membuang sampah sementara ke tempat pembuangan sampah sementara atau mengikuti program kelola sampah dari Banjar, Desa, Kelurahan terdekat. Sangsinya bagi Bro n Sis yang melanggar sesuai dengan Perda no 3 tahun 2015 tentang kebersihan maka akan di kenakan denda maksimal Rp 50 Jt atau kurungan penjara 3 bulan.

Maskot_DKP_DenpasarKota16

Bapak I Ketut Wisada SE, SMi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar Mengatakan :
"Saat ini kita masih dalam tahap sosialisasi, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah yang lebih baik di Denpasar Kota. Masyarakat yang jauh dari depo di harapkan ikut program swakelola sampah, bagi yang dekat depo di harapkan membuang langsung"

Adapun tambahan dari Perwali ini yang memberikan tugas tambahan bagi Kaling, Kadus maupun Lurah untuk membentuk kelompok swakelola sampah. sampah yang di angkut oleh kelompok swakelola ini adalah sampah dari sumber sampah hingga tempat pembuangan sampah sementara, baik dengan gerobak ataupun dengan kendaraan roda tiga. sedangkan sampah dari tempat pembuangan sementara hingga ke tempat pembuangan akhir merupakan tanggung jawab dari Dinas Kebersihan Dan Pertamanan.

Permerintah Kota Denpasar telah memberikan 40 unit Motor Cikar kepada Lurah untuk mendukung sarana dan prasarana ketika Perwali ini mulai berlaku nanti. Untuk Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Denpasar juga telah menganggarkan pengadaan 5 truk  Ranger yang memiliki kapasitas 16 liter kubik sampah dan 25 kontainer yang berkapasitas 6 meter kubik sampah. wah mantap nih, Denpasar Kota berbenah, dan tidak main main anggaran untuk semua itu sekitar Rp 40 Milya.

Ok Deh pak Semoga Perwali dan Sosialisasi kepada masyarakat berjalan sesuai rencana, pastinya pro dan kontra akan terjadi, Semua untuk Denpasar Kota yang lebih baik di kemudian hari. bagaimana tanggapan Bro n Sis khususnya yang berdomisisli di Denpasar, Bantu Sosialisasi Perwali ini kepada Rekan rekan agar tidak sampai terkena sangsi maksimal Rp 50 Jt, jika ada pertanyaan atau hal hal yang belom di pahami silakan menghubungi Pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar di Jl Majapahit No 6 Denpasar dengan no Tlp 0361 413930 atau Fax 0361 413923 dan email [email protected]

Sumber : Harian Umum Nusa Bali

0 Response to "Denda Maksimal Rp 50 Jt, Awasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel