Garis Kuning di Setiap Persimpangan Denpasar Bali itu Adalah Yellow Box Junction

Hello Bro n Sis
Yellow Box Junction (YBJ) itulah yang terdapat di setiap persimpangan di seputaran Denpasar Area, mungkin bro n sis bertanya tanya garis apakah yang di corat coret berbentuk kotak tersebut. YBJ merupakan marka jalan yang berbentuk garis kotak atau persegi panjang berwarna kuning yang di tuliskan di aspal di setiap persimpangan jalan dimana di tengan garis kuning tersebut di isi tanda silang yang juga berwarna kuning.

YBJ ini di fungsikan sebagai daerah kosong tanpa kendaraan atau penghalang lainnya. loh maksud dan tujuannya apa? tujuannya untuk mencegah kemacetan di salah satu jalur dan mengurai pada kepadatan arus kendaraan bermotor. misalnya terjadi kepadatan lalu lintas di dalam kotak kuning ini, dihimbau kepada pengguna kendaraan bermotor lainnya yang masih berada di luar rambu tersebut harus berhenti, jangan ikut masuk ke kotak kuning, tunggu hingga kemacetan berkurang.

YBJ-Denpasar01

Sedikit kurang paham ya? Peraturannya adalah, walaupun lampu lalu lintas sudah hijau, pengguna jalan yang belum masuk ke kotak kuning harus berhenti, jika masih ada kendaraan lain di dalam area kotak yang berwarna kuning tersebut. bro n sis baru bisa masuk melewati kotak kuning jika kendaraan di dalam kotak sudah berhasil keluar. dengan YCB di harapkan kemacetan di tiap-tiap persimpangan tidak menumpuk.

Bagaimana bro n sis sudah sedikit pahak belom? intinya jika bro n sis berkendara dan menemui YBJ ini serta melihat kendaraan masih macet maka bro n sis wajib berhenti jangan masuk ke kotak kuning. berhenti dulu di belakang garis kuning walaupun lampu lalu lintas berwarna hijau, tunggu hingga kendaraan di dalam box keluar. kurang lebih seperti itu.

Yellow Box junction ini sangat bermanfaat di persimpangan-persimpangan jalan yang ramai, pada jalan utama dan saat jam-jam sibuk kepadatan lalu lintas. Apalagi masih banyak para pengguna kendaraan bermotor suka menerobos traffic light, saat antrean kendaraan bermotor di depannya belum terurai. Nah bagi pengemudi yang tetap memaksa menerobos kendaraannya ke dalam YBJ, Padahal masih ada mobil atau motor lain di dalamnya, maka akan di tilang. Tuh bro n sis tolong di perhatikan dengan seksama akan di tindak loh.

Dalam penjelasan undang-undang nomer 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan Jalan,pasal 287 (2) juncto paal 106 (4) huruf a,b berisi tentang rambu-rambu lalu lintas dan harus berhenti di belakang garis stop. pelanggarnya dapat di jerat kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah).

Sekian dulu bro n sis sedikit info terkini tentang lalu lintas di Denpasar Bali, tidak mau di tilang kan? maka taati rambu lalu lintas dan sebarkan kabar ini ke rekan rekan yang yang belom mengetahui. seperti biasa info dan opini sampaikan di kotak komentar.

Sumber : Area Traffic Control System (ATCS) Denpasar

0 Response to "Garis Kuning di Setiap Persimpangan Denpasar Bali itu Adalah Yellow Box Junction"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel