Lampu LED (Light Emitting Diode), Gambaran Singkat Kelebihan serta Kekurangan

Hello Bro n Sis
Kita sedikit membahas tentang Lampu LED (Light Emitting Diode), dimana dalam dunia industri kendaraan dan pencahayaan di Dunia kini sudah mulai menggunakan lampu LED, apakah kelebihan dan kekurangan lampu ini dan bagaimana gambaran umum tentang lampu yang menjadi alternatif dalam menerangi pencahayaan di jaman sekarang ini? berikut penjelasannya.

Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangan ada baiknya kita mengetahui dahulu apa Itu Lampu LED (Light Emitting Diode), LED merupakan komponen atau rangkaian elektronika yang bisa memancarkan cahaya monokromatik saat di beri tegangan maju. dan merupakan keluarga Dioda yang di buat dari bahan semikonduktor, bahan semi konduktor inilah yang menentukan warna atau cahaya yang di pancarkan oleh lampu LED ini.
Kenapa LED di sebut monokromatik, karena Dioda LED hanya memancarkan satu warna saja, nah jika bro n sis melihat ada LED yang berbagai warna itu merupakan gabungan dari beberapa LED dalam satu kemasan.

Bentuk lampu LED bisa bermacam macam dan sangat mudah di pasangkan dalam berbagai rangkaian elektronika, dan perbedaan utama lampu LED dengan lampu pijar adalah LED tidak memerlukan pembakaran filamen, maka LED tidak menimbulkan panas saat menghasilkan cahaya. oleh karena LED ini bentuknya semakin kecil dan mudah di pasangkan ke rangkaian elektronika lain dan tidak menimbulkan panas maka lampu LED semakin menjadi pilihan dalam berbagai kebutuhan penerangan.

Kelebihan Lampu LED, Setelah penjelasan singkat di atas makan kelebihan lampu LED antara Lain -Hemat Energi bahkan di klaim hingga 70-90% di bandingkan jenis lampu Pijar biasa, 
-LED mampu mengeluarkan Cahaya terang dengan sumber listrik yang jauh lebih rendah
-Umur lebih panjang, 
-Mempunyai berbagai pilihan warna 
-Pancaran cahaya yang dingin tidak panas
-Bentuk beraneka ragam, karena bisa di sesuaikan dengan keperluan, lampu LED sangat mudah di pasangkan dalam rangkaian Elektronika lain.

Kekurangan Lampu LED, mungkin kekurangan lampu LED terletak dari sisi ekonomi yakni harganya yang mahal bahkan bisa mencapai 5-10 kali lipat harga lampu pijar biasa, namun harga mahal tersebut setimpal dengan apa yang bro n sis dapatkan, namun dengan berjalannya waktu kedepan sudah pasti harga lampu LED akan bisa di tekan lebih murah.

Demikian gambaran singkat kelebihan dan kekurangan Lampu LED, keputusan ada di tangan anda jika ingin migrasi ke lampu LED. jika Bro n Sis memiliki info tambahan atau opini jangan sungkan untuk corat coret di kolom komentar.

0 Response to "Lampu LED (Light Emitting Diode), Gambaran Singkat Kelebihan serta Kekurangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel