Cara Mengatur Keuangan untuk Keluarga dan Hobby

Halo Bro N Sis
uang singkat padat dan jelas, jaman sekarang apa sih yang ga bisa di lakukan oleh yang namanya uang, ada yang bilang uang bukan segalanya,  tapi segalanya butuh uang, nah loh, apalagi sebagian kita ada yang sudah berkeluarga dan sebagian kita juga memiliki hobby khusus yang membutuhkan kucuran dana
dalam menjalankan atau menekuni hobby tersebut, untuk bro n sis yang sudah mapan sih ga ambil pusing, tapi bagai mana untuk sebagian rekan rekan kita yang 

keuangannya tidak mapan? berikut ada beberapa cara mengatur keuangan untuk keluarga dan juga untuk hobby bro n sis. mungkin tepatnya untuk rekan rekan yang masih bekerja dan masih mengandalkan gaji bulanan.
1. Alokasikan Pendapatan . artinya bro n sis harus membuat daftar kebutuhan atau belanja dalam sebulan, sesuaikan dengan gaji bulanan anda, sedikit tips ada baiknya anda dahulukan menabung baru kemudian anda mengalokasikan pendapatan bro n sis untuk belanja atau di konsumsi, misalnya anda mengalokasikan pendapatan sebesar 20%-30% gaji untuk di tabung nah sisanya barulah di alokasikan untuk belanja maupun hobby bro n sis sekalian, jangan terbalik ya bro n sis, jangan membelanjakan uang dulu barulah sisanya di tabung. 
2. Catat Pengeluaran. Begini bro n sis setiap yang di catat itu artinya penting, jadi biaakan anda mencatat pengeluaran atau anggaran belanja anda, tujuannya agar tidak terjadi pembelian di luar dugaan atau lepas kendali, dimana bro n sis kebablasan dalam membelanjakan uang. misalnya makan di luar bersama keluarga seminggu sekali atau sebulan dua kali, jangan juga kita pelit pada diri sendiri, kita juga harus menghargai kedisiplinan kita dalam mengatur pengeluaran.
3.Membuat  Rekening Tabungan. maksudnya gini bro n sis, kita harus membagi rekening kita menjadi 2, untuk rekening yang khusus tabungan tidak boleh di tarik kecuali saat yang anda perlukan sesuai catatan anda di atas, dan satu lagi rekening pembayaran anda baik itu untuk listri, air dll.
4.Belajar Berwirausaha. begini bro n sis belajar itu tidak mengenal usia, jadi tidak ada salahnya bro n sis belajar kepada yang sudah ahli, meniru yang baik dan yang buruk jangan di tiru. misal bro n sis memiliki hobby, nah hobby itu bisa di jadikan penghasilan tambahan dan jika bro n sis serius menekuninya terkadang hasilnya akan lebih besar dari pada gaji dalam sebulan. tapi yang terpenting adalah pemasukan harus lebih besar dari pengeluaran. jangan mudah berhutang, jika tidak sangat mendesak janganlah berhutang.
itulah bro n sis sedikit cara mengatur keuangan untuk keluarga dan hobby, bagi bro n sis yang masih lajang tentunya kesempatan belajar dan mencoba masih sangat banyak waktu, tapi untuk bro n sis yang sudah berkeluarga ada baiknya bro n sis diskusikan dahulu bersama pasangan target yang akan di capai. jika di lakukan secara bersama sama dan penuh cinta pasti hasilnya lebih meyakinkan,bukan bermaksud menggurui hanya sekedar berbagi pengetahuan.
jangan lupa  corat coret di kolom komentar!

0 Response to "Cara Mengatur Keuangan untuk Keluarga dan Hobby"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel